Menghilangkan Jerawat Pustula

JERAWATNYA.COM – Masalah jerawat yang menyerang pada area kulit sebagian orang atau bahkan semua orang akan merasa risih dan kurang percaya diri. Jerawat memiliki beberapa jenis dan diataranya sangat berbahaya dan perlu penanganan segera. Salah satu jerawat yang kami bahas pada kesempatan ini yaitu Jerawat Pustula merupakan salah satu jenis jerawat yang perlu segera ditangani karena sangat menganggu penampilan.

menghilangkan-jerawat-pustulaJerawat pustula merupakan jerawat hasil dari jerawat papula (Benjolan Merah) yang semakin parah. Sebelumnya kita bahas jerawat papula. Jerawat papula memiliki karakteristik gundukan merah, sedikit meradang, namun tidak memiliki puncak karena belum penuh dengan nanah.

Komedo yang tidak diobati dapat memburuk menjadi papula ketika dinding kelenjar yang terinfeksi meletus, sehingga memungkinkan campuran sebum dan bakteri menembus kulit di sekitarnya. Ketika sel-sel darah putih masuk ke kelenjar yang meletus untuk melawan infeksi, terjadi peradangan. Jika tidak diobati, papula dapat memperburuk menjadi pustula.

Pustula (Benjolan Merah Dengan Puncak Putih). Ketika papula tidak diobati selama beberapa hari, akumulasi sel darah putih secara bertahap bergerak ke permukaan kulit. Pustula memiliki ciri-ciri memiliki noda di bagian tepi, meradang berwarna kemerahan dan bagian tengahnya berwarna kekuningan atau putih. Pustula sebenarnya merupakan standar dari istilah cara menghilangkan jerawat yang banyak disebutkan orang.

Bagaimana menghilankan jerawat berikut ini kami memberikan solusinya selain jerawat pustula, cara ini juga baik untuk segala jenis jerawat? Yaitu dengan menggunakan beberapa macam pengobatan:

Benzoil peroksida

Benzoil peroksida yang tersedia dengan resep dokter. Hal ini biasanya digunakan sekali atau dua kali sehari dapat bekerja terhadap jerawat pustula. Karena dapat menyebabkan iritasi jika digunakan di sekitar mata dan mulut maka harus berhati-hati. Jika digunakan secara berlebihan Benzoil peroksida dapat menyebabkan kemerahan.

Asam salisilat

Bahan ini efektif dalam mengobati lesi jerawat yang non-inflamasi. Asam salisilat membantu kondisi yang abnormal pada sel-sel kulit dan pori-pori untuk mengurangi dan mencegah lesi. Bahan ini tidak menyebabkan produksi minyak dan bakteri. Cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik dengan asam salisilat harus digunakan terus menerus. Asam salisilat dapat didapatkan dalam bentuk lotion jerawat dan krim. Terlalu banyak juga dapat menyebabkan iritasi.

Retinoid

Merupakan turunan dari vitamin A dan telah menjadi andalan dalam cara menghilangkan jerawat secara cepat selama 25 tahun. Bahan ini bekerja efektif terhadap setiap jenis komedo dan mengurangi papula dan jerawat tidak meradang. Bahan ini digunakan sekali perhari pada waktu tidur, jika terlalu sering digunakan maka dapat mengakibatkan kulit sangat kering. Selain itu retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari maka perlu menggunakan tabir surya dianjurkan.

Antibiotik

Topikal yang dibuat dalam larutan, gel, atau bentuk krim. Bahan ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri pada permukaan kulit sehingga mencegah dan mengatasi jerawat meradang dan pembentukan jerawat baru. Bahan ini diaplikasikan pada kulit dua kali sehari.

Asam azelaic

Asam azelaic digunakan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang. Hal ini diyakini bahwa asam azelaic dapat membersihkan jerawat dengan mengurangi populasi bakteri. Selain itu dapat mengurangi abnormalitas pada sel-sel kulit dan mengurangi peradangan. Efek samping yang terjadi adalah kulit kering

Penggunaan obat-obatan topikal adalah untuk mengurangi iritasi kulit, hal ini dapat menyebabkan kulit kering, Oleskan 20 menit setelah mencuci muka dan aplikasikan setiap hari selama 2 minggu pertama. Terapkan obat untuk semua area wajah yang rawan jerawat. Tidak apa-apa untuk menerapkan beberapa obat-obatan topikal pada waktu yang sama.

Pengobatan Jerawat untuk Dikonsumsi

Obat sistemik diminum untuk mengontrol jerawat dari tingkat sedang sampai parah misalnya untuk jerawat batu. Obat yang diresepkan oleh dokter termasuk kedalam sebagai berikut :

Antibiotik

Antibiotik digunakan untuk jerawat ringan sampai sedang dan sedang hingga berat. Obat ini bekerja untuk mengurangi bakteri sehingga mengurangi peradangan antibiotic yang digunakan diantaranya Tetrasiklin, doxycycline, eritromisin dan minocycline yang umum digunakan antibiotik. Tetrasiklin tidak boleh dikonsumsi setelah minum susu, produk susu, atau antasida karena produk ini menurunkan penyerapan.

Setidaknya untuk cara menghilangkan jerawat akibat salah kosmetik, konsumsi obat adalah satu jam sebelum atau dua jam setelah makan. Tetrasiklin, doxycycline, minocycline dan juga dapat menyebabkan sensitivitas matahari, dianjurkan agar memakai tabir surya dan menghindari overexposure ke matahari.

Accutane

Isotretinoin adalah obat oral ampuh yang digunakan untuk jerawat. Obat ini bekerja untuk mengurangi inflamasi serta pembentukan penyebab komedo. Karena beberapa efek samping yang serius, Accutane biasanya diresepkan dan dipantau oleh dokter kulit.

Selain dari beberapa pengobatan diatas, Anda juga dapat mengobati jerawat dengan menggunakan bahan-bahan Alami. Semoga bermanfaat.